Visit Young Entrepreneur Society

Rabu, 29 Juli 2009

Meningkatkan produktifitas kerja di Bisnis Bag.3

Setelah anda menulis di diagram kedua semua tugas anda, di kolom sebelah kiri dan total jam kerja anda untuk setiap tugas di kolom sebelah kanan. Jumlahlah semua total jam kerja anda. Nanti anda akan mulai tahu berapa total jam kerja anda selama seminggu. Biasanya harus sama dengan total jam kerja anda per minggu di diagram pertama.

Dari sini, lihatlah di diagram ke dua, kolom kedua, tugas apa yang per minggunya memakan waktu jam paling banyak. Bila anda sudah tahu, bagilah total jam itu dengan total jam kerja per minggu dibawah. Andaakan mendapatkan angka persentasi tertentu. Persentasi itu adalah persentasi yang paling besar yang merepresentasikan bahwa dalam satu minggu anda palingbanyak menghabiskan waktu mengerjakan tugas itu.

Lakukan hal yang sama untuk mengetahui persentasi kedua dan ketiga. Setelah anda lakukan, tanya diri anda sendiri apakah sebenarnya pekerjaan ini bisa didelegasikan ke orang lain atau tidak. Bila bisa, fikirkanlah sistim apa yang anda harus buat agar orang yang anda delegasi bisa melakukan pekerjaan itu sebaik anda atau bahkan lebih baik.

Bila ini anda lakukan dan berhasil,anda baru saja mendapatkan extra waktu didalam bisnis anda, dimana waktu ini bisa anda alokasikan untuk pekerjaan yang lebih produktif lainnya.

Dari sini, buatlah block diary anda secara perminggu, tuliskan kegiatan rutin anda dari senin sampai jumat, perjamnya. Misalnya dari jam 8-9am anda cek email, lalu 9-10, anda melakukan pengecekan key performance indicator anda secara finansial di perusahaan, jam 10-11 anda menelpon prospek, dan seterusnya setiap minggu.

Dengan hal ini anda akan sudah mulai mengatur schedule anda sendiri. Rekrutlah seorang Personal Assistant yang handal untuk membantu anda melakukan hal ini. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar